27 September, 2007

Pura Kentel Gumi #02

Pura Kentel Gumi terdiri dari 4 penataran pura yang berbeda, masing-masing Pura Bale Agung, Pura Maspahit, Pura Kentel Gumi dan Pura Masceti yang berada di satu natar besar. Kompleks 4 natar pura ini oleh umat Hindu biasa disebut sebagai Pura Kentel Gumi. Tidak seperti pura lain pada umumnya yang setiap mandala (halaman) pura ditata dengan perbedaan level natar yang semakin tinggi, natar Pura Kentel Gumi justru memiliki mandala yang semakin rendah memasuki utama mandala.
Sisi fotografi yang menarik dari pura ini adalah tata letak bangunan yang memberi banyak sudut pandang menarik. Seolah, semua sisi menghadirkan konfigurasi bangunan yang bagus dan menghadirkan keseimbangan ruang (lensa lebar 18 amat tepat digunakan motret di pura ini).
Pola pemugaran yang disepakati dalam paruman adalah mempertahankan karakter bahan dan langgam sebelumnya. Karena itu, bahan bangunan kombinasi batu padas (paras) dan bata merah tetap dipertahankan sedangkan langgam bangunan (terutama proporsi dan ragam hias) "berguru" pada bangunan Kori Agung, satu-satunya bangunan yang masih utuh menggunakan langgam asli.
Foto ini adalah Kori Agung yang disusun kembali setelah diturunkan dengan hati-hati sehingga sebagian besar bahan bisa dikembalikan lagi ke posisi awal.(Foto: Widnyana).

Tidak ada komentar: